hanismadela

A great WordPress.com site

Kisi Kimia prediksi 2012

PREDIKSI

KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2011/2012

PAKET E

 

MATA PELAJARAN

KIMIA

 

TIM PENYUSUN

Ketua                   :Drs. Sukriyono

Sekretaris  :Dra. Francisca Wahyu Kurniawati

                    Ari Pramono, S. Pd

                     Retno Utami Dewi, S. Pd

Anggota      :


  1. Ma’rifatul Jannah, S.Pd
  2. Sungkono, S.Pd
  3. Drs. Suwarno
  4. Kwarti Sri Rejeki Siwi, S.Pd
  5. Germadi, S.Pd
  6. Dra. Endah Winarni
  7. Aminulloh, S.Pd
  8. Dra. Hanik
  9. Drs. Dwi Juli Handoko
  10. Dra. Ratna Yuliani
  11. Dra. Sri Mahanani
  12. Drs. Yudi Prayitno
  13. 13.        
  14. 14.        
  15. 15.        
  16. 16.        
  17. 17.        
  18. 18.        
  19. 19.        
  20. 20.        
  21. 21.        
  22. 22.        
  23. 23.        
  24. 24.        
  25. 25.        


 

 

TIM TELAAH DAN FASILITATOR

Dra. Nuri Maria Ulfa, M.Pd. ; SMA Negeri 7 Surabaya

KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

Jenis Sekolah               :  SMA                                      Alokasi Waktu                                      :  120 Menit

Program                        :  IA                                      Jumlah Soal                                         :  40 butir

Mata Pelajaran             :  KIMIA                                      Bentuk Soal                                       :  PG

Kurikulum                     :  SKL 2012                                      Penyusun                                      :  Tim Kimia

 

No. Urut

 Kompetensi              

INDIKATOR

Uraian Materi

Indikator SOAL

Tingkat Kesukaran

No. Soal

1

Mendeskripsikan struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan strukturmolekul sifat-sifat unsur dan senyawa

 

Menganalisa notasi unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron , jenis ikatan kimia, rumus molekul, bentuk molekul dan sifat senyawa yang dapat dihasilkannya, serta letak unsure dalam table periodik
  • Struktur atom.
Menuliskan konfigurasi elektron dalam bentuk ion dari notasi unsur yang diketahui dengan benar

 

Mudah

1

  • Sistem periodik.

 

Menentukan letak golongan dan periode dalam SPU jika diketahui keempat bilangan kuantum dengan benar

 

Sukar

2

Menganalisa jenis ikatan kimia atau  gaya antar  molekul dan sifat – sifatnya

 

  • Ikatan kimia.
Menentukan rumus kimia dan jenis ikatan kimia jika diberikan nomor atom beberapa unsur dengan benar

 

Sedang

3

2

Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia

 

Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia

 

 

  • Persamaan reaksi dan perhitungan kimia.

 

Menghitung volume gas yang dihasilkan jika diberikan persamaan reaksi belum setara dan massa zat yang bereaksi dengan benar

Sukar

4

  Menentukan perbandingan mol pereaksi dengan hasil reaksi dengan benar

Sukar

5

Menganalisis persamaan reaksi kimia anorganik dan organik sederhana   Menyetarakan persamaan reaksi dengan benar

Sedang

6

3

 

 

 

Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya

 

Menganalisis data daya hantar listrik

 

  • Larutan non elektrolit dan elektrolit.

 

Menentukan larutan elektrolit kuat dan lemah dengan benar

Mudah

7

Mendeskripsikan konsep pH larutan

 

  • pH
Menentukan konsentrasi asam lemah dengan benar

Sedang

8

  Menghitung konsentrasi larutan setelah titrasi dengan benar

Sedang

9

Mendeskripsikan titrasi asam basa

 

 

  • Titrasi Asam Basa
Menentukan sifat larutan penyangga dengan benar

Mudah

10

Menganalisis sifat larutan penyangga

 

  • Larutan Penyangga
Menentukan sifat larutan penyangga dengan benar

Mudah

11

Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp

 

  • .Hidrolisis Garam

 

Siswa dapat menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis sempurna dengan benar

 

Sedang

12

  • .Hidrolisis Garam

 

Siswa dapat menghitung pH larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat dengan benar

Sukar

13

  • Ksp
Diberikan data Ksp,Siswa dapat menentukan garam yang larut/tidak mengendap.

Sukar

14

Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan

 

 

  • Sifat Koligatif
Diberikan grafik diagram P-T siswa dapat menentukan garis beku pelarut dengan benar

Sedang

15

  • Sifat Koligatif
Diberikan beberapa jumlah partikel zat terlarut, siswa dapat menentukan larutan yang memiliki tekanan uap paling besar.

Sedang

16

Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya

 

  • Koloid
Diberikan beberapa contoh sifat koloid, Siswa dapat menentukan penerapan sifat absorbsi.

Sedang

17

4

Mendeskripsikan senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan  makromolekul

 

Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk identifikasi, reaksi dan kegunaannya

 

  • Senyawa organik dan gugus fungsi
Siswa dapat menentukan urutan nama gugus fungsi jika diberikan rumus gugus fungsinya dengan benar

Mudah

18

  • Senyawa organik dan gugus fungsi
Menentukan/mengidentifikasi gugus fungsi jika diberikan reaksi identifikasi dari gugus fungsi dengan benar

 

Mudah

19

Mendeskripsikan benzena dan turunannya serta kegunaannya

 

  • Benzena dan turunannya

Menentukan nama turuna benzena berdasarkan rumus strukturnya dengan benar

Sedang

20

Diberikan turunan senyawa benzena dan kegunaannya, siswa dapat menetukan pasangan yang tepat

Sedang

21

Mendeskripsikan makromolekul termasuk identifikasi dan kegunaannya
  • Polimer, karbohidrat dan protein serta

 

Diberikan data polimer, monomer dan kegunaan, siswa dapat menentukan pasangan yang tepat

Sedang

22

5

Mendeskripsikan perubahan energi , cara pengukuran dan penerapannya

 

Menyimpulkan peristiwa ekso-term/endoterm pada peristiwa termokimia

 

  • Termokimia.

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasikan  peristiwa reaksi eksoterm dan endoterm jika diberikan data reaksi

 

Sedang

23

Menentukan kalor reaksi
  • ∆Hf
Disajikan data ∆Hfdan massa atom relatif, siswa dapat menentukan ∆H reaksi pembakaran  sejumlah massa suatu hidrokarkon, dengan benar.

Sulit

24

  • Energi ikatan
Disajikan data energi ikatan rata-rata, dan persamaan reaksi, siswa dapat menentukan DH reaksi adisi alkena, dengan benar.

Sedang

25

6

Mendeskripsikan  kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri

 

Menentukan laju reaksi
  • Laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Diberikan tabel data percobaan laju reaksi, siswa dapat menentukan persamaan laju reaksi dari data  percobaan tersebut, dengan benar.

Sedang

26

Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinetika  reaksi dan kesetimbangan kimia

 

  • Kesetimbangan
Diberikan tabel data percobaan laju reaksi, siswa dapat menentukan  reaksi yang paling cepat dari data  percobaan dengan benar.

Mudah

27

  • Kesetimbangan
Diberikan suatu persamaan reaksi kesetimbangan dengan kondisi tertentu, siswa dapat menentukan kondisi yang tepat agar diperoleh hasil yang optimal.

Sulit

28

Menghitung harga Kc/Kp

 

  • Kesetimbangan
Siswa dapat menghitung harga Kc pada reaksi kesetimbangan, jika persamaan reaksi dan parameter lainnya diketahui

 

Sedang

29

  • Kesetimbangan
Siswa dapat menghitung harga Kp pada reaksi kesetimbangan, jika persamaan reaksi dan parameter lainnya diketahui

 

Sulit

30

7

Mendeskripsikani reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari Mendeskripsikan reaksi reduksi oksidasi
  • Reaksi redoks.

 

Diberikan persamaan reaksi redoks   siswa dapat menentukan zat yang bertindak sebagai  oksidator dan zat hasil reduksinya.

Sedang

31

Mendeskripsikan diagram sel
  • Sel elektrokimia
Diberikan data potensial reduksi, siswa dapat menuliskan notasi sel yang terjadi agar reaksi dapat berlangsung

Sedang

32

  • Elektrolisis
Diberikan diagram sel volta, siswa dapat menghitung besar endapan yang terbentuk.

Sulit

33

Mengaplikasikan  hukum Faraday

 

  • Hukum Faraday
Siswa dapat menghitung massa endapan   yang terjadi pada  elektrolisis larutan

Sulit

34

  • Hukum Faraday
Berdasar Hukum Faraday I siswa dapat menghitung massa logam yang mengendap dikatoda

 

Sedang

35

Mendeskripsikan fenomena korosi

 

  • Korosi.

 

Diberikan data Eo sell siswa dapat memilih alasan yang tepat penggunaan timah untuk melindungi besi dari korosi

sedang

36

8

Mendeskripsikan  unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaanya.

 

Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di alam termasuk unsure radioaktif

 

 

  • Karakteristik unsur-unsur logam: alkali, alkali tanah, periode 3, transisi periode 4 dan emas.
Diberikan data hasil percobaan natrium dimasukkan dalam air siawa dapat memilih persamaan reaksi yang tepat

sedang

37

  • Kegunaan radioaktif
Diberikan nama-nama mineral logam yang terdapat di alam siswa dapat memilih mineral yang mengandung Si

Sukar

38

Mendeskripsikan cara memperoleh unsur  dan kegunaannya

 

  • Proses pembuatan dan kegunaan

 

Diberikan data zat yang ditambahkan dan fungsinya dalam proses pengolahan besi siswa dapat memilih pasangan yang tepat

Mudah

39

Diberikan nama-nama proses pengolahan logam siswa dapat memilih proses yang tepat untuk logam aluminium

Sedang

40

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: