hanismadela

A great WordPress.com site

Karakter silabus

Mata Pelajaran            :   KIMIA

Kelas/Semester            :  XII/1

Standar Kompetensi   :  3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya serta terdapatnya di alam.

Alokasi waktu             :  30 JP (UH 4 P)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Nilai karakter Penilaian

Alokasi waktu

Sumber/Bahan/alat
3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
  • o Unsur-unsur golongan utama dan transisi
  • o Membuat daftar atau tabel keberadan unsur-unsur dan produk yang mengandung unsur-unsur gas milia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi,oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan (Pembahasan lebih ditekankan pada unsur-unsur atau senyawanya yang  dihasilkan oleh daerah bersangkutan)
  • o Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yag ada di alam terutama di Indonesia ( gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen
  • o Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
Senang membaca Jenis tagihan:

Tugas individu

Kuis

Ulangan

Bentuk instrumen:

Laporan tertulis

Tes tertulis

2 JP

Sumber:

Buku Kimia

Internet

Bahan:

LKS

LCD/komp.

 

3.2 Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan  unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
  • o Sifat fisik dan sifat kimia unsur
  • o Melalui diskusi kelas dan pengamatan mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya).
  • o Demonstrasi reaksi logam Natium dalam air (dilakukan oleh guru dengan hati-hati).
  • o Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi daya pegoksidasi halogen dan daya pereduksi halida dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • o Menyimpulkan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida
  • o Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawalogam (terutama alkali dan alkali tanah ) dalam kerja kelompok di laboratoriun
  • o Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keteraturan sifat unsur-unsur periode ke tiga dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • o Menyimpulkan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur periode ke tiga
  • o merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidii dan menghilangkan kesadahan air dalam kerja kelompok di lboratorium.
  • o Melalui diskusi kelas dan  pengamatan mengidentifikasi  pembentukan dan tatanama  ion kompleks.
  • o Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan dan sifat khusus lainnya
  • o Mengidentifikasi sifat-sifat kimia ( kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
  • o Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan.
  • o Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam ( terutama alkali dan alkali tanah ) melalui percobaan
  • o Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
  • o Menjelaskan cara menghilangkan kesadahan air melalui percobaan.
  • o Mengidentifikasi struktur dan tata nama ion kompleks.
Senang membaca.

 

Rasa ingin tahu.

 

 

 

 

Kritis

Jenis tagihan:

Tugas individu

Kuis

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk instrumen:

Performans

Laporan tertulis

Tes tertulis

16 JP

Sumber:

Buku Kimia

Bahan:

LKS

Bahan dan alat untuk praktek

 

 

 

3.3 Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari
  • o Manfaat dan dampak unsur-unsur dalam kehiduoan sehari-hari dan industri
  • o Membuat daftar (tabel) tentang manfaat dan dampak unsur-unsur seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, alumunium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan (bahan presentasi sebaiknya membahas tentang manfaat dan dampak dari unsur-unsur atau senyawa yang diproduksi daerah  bersangkutan)
  • o Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium dan industri ( misalnya H2SO4, N2,Fe, Al,NH3 dan O2) melalui diskusi kelas
  • o Menganalisis dan menentukan komposisi unsur dalam pupuk melalui diskusi kelas
  • o Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur ( seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen ) serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri
  • o Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri ( misalnya H2SO4, N2, Fe, Al, NH3 dan O2)
  • o Menentukan komposisi unsur dalam pupuk
Peduli lingkungan.

 

 

 

 

 

 

Kritis

Jenis tagihan:

Tugas individu

Kuis

Ulangan

Bentuk instrumen:

Laporan tertulis

Tes tertulis

4 JP

Sumber:

Buku Kimia

Internet

Bahan:

LKS

LCD/komp.

 

3.4 Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
  • o Penemuan sinar radioaktif
  • o sifat-sifat sinar radioaktif
  • o Persamaan reaksi inti
  • o Kegunaan unsur radioaktif
  • o Bahaya sinar radioaktif
  • o Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia kegunaan, dan bahaya unsur-unsur radioaktif melalui diskusi kelas dan dipresentasikan.
  • o Mendeskripsikan penemuan sinar radioaktif
  • o Mengidentifikasi sifat-sifat sinar radioaktif
  • o Menentukan pita kestabilan inti
  • o Menuliskan persamaan reaksi inti
  • o Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif
  • o Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif
Religius.

 

Disiplin.

 

Cinta damai

Jenis tagihan:

Tugas individu

Kuis

Ulangan

Bentuk instrumen:

Laporan tertulis

Tes tertulis

4 JP

Sumber:

Buku Kimia

Internet

Bahan:

LKS

LCD/komp.

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri 8 Kediri

 

Drs.BAMBANG TUTUKO,M.Si.

Pembina Tk. I

NIP. 19630210 198803 1 017

Kediri, ……………………..

Guru Pengajar Kimia Kelas XII

 

 

 

 

Dra.HANIK.

NIP. 19660111 1992 03 2 005

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: