hanismadela

A great WordPress.com site

Karakter silabus

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

KESETIMBANGAN – 2

(pergeseran kesetimbangan)

Mata Pelajaran            :  Kimia

Kelas / Semester          :  XI  / 1

Standar Kompetensi   :  3.      Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-                                               faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam                                                    kehidupan sehari-hari dan industri.

Kompetensi dasar       :  3.4.   Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil                                    reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan

I.  Indikator:

  1. Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan. ( Jujur, Komunikatif )
  2. Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas le Chatelier  ( Religius , Komunikatif )

II. Tujuan:

Siswa dapat,

  1. Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan.
  2. Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas le Chatelier.

III. Materi Ajar:

  • Pergeseran Kesetimbangan
  • Azas Le Chatelier

IV.   Metode pendekatan:

  • Penyampaian informasi
  • Percobaan dan diskusi
  • Penugasan
  1. Alokasi Waktu
  • 4 Jam Pelajaran
  1. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Materi ajar:

  • Pergeseran kesetimbangan

Kegiatan awal (5 menit)

  • Salam pembuka
    • Memeriksa kehadiran siswa
    • Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
    • Appersepsi / motivasi (ada pada LKS)

Kegiatan Inti

  • Melakukan diskusi kelas untuk membahas pengaruh suhu dan tekanan berdasarkan data percobaan sesuai dengan LKS 4.4 (20 minit)
  • Diskusi kelas untuk membahas azas Le Chatelier tentang pergeseran kesetimbangan sesuai dengan LKS 4.4 (20 menit)
  • Melakukan Percobaan untuk mengamati berlakuknya azas Le Chatelier (40 menit).

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Materi ajar:

  • Presentasi hasil percobaan tentang pergeseran kesetimbangan.
  • Latihan soal

Kegiatan awal (5 menit)

  • Salam pembuka
    • Memeriksa kehadiran siswa

Kegiatan Inti (80 menit)

  • Presentasi siswa dan tanya jawab tentang hasil percobaan pengaruh konsentrasi terhadap kesetimbangan (40 menit)
  • Latihan soal tentan pergeseran kesetimbangan dari buku paket.

Kegiatan Akhir

  • Menyimpulkan pengaruh suhu, tekanan/volume, konsetrasi dan katalis terhadap kesetimbangan.
  • Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS 4.5.
  1. VI.       Alat / Bahan / Sumber Belajar            : 

Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.

  1. VII.    Penilaian:
  2. PPK

Tagihan KIM-2116MP (Lihat kartu Soal)

  1. Praktik

Tagihan KIM-2114MP (Lihat kartu soal)

  1. Responsi

Tagihan KIM-2115MP (Lihat kartu soal)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: