hanismadela

A great WordPress.com site

RPP KIMIA AKU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 8 kediri
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester: XI / 2

1. Standar Kompetensi
4. Mendeskripsikan sifat – sifat larutan, metode pengukuran serta terapannya
2. Kompetensi Dasar
4.1 Menjelaskan teori asam basa menurut Arrhenius mengklasifikasi berbagai larutan ke dalam larutan asam netral dan basa serta mengetahui pH. ( jujur , bekerja sama, teliti , percaya diri )
3. Indikator
– Menjelaskan pengertian asam basa menurut Arrhenius ( jujur )
– Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator ( bekerja sama , teliti, percaya diri )
4. Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
5. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran siswa / peserta didik dapat :
a.Menentukan sifat larutan asam dan basa
b.Mengelompokkan zat – zat yang bersifat asam, basa dan netral
c.Menggunakan beberapa indikator asam dan basa
d.Menyompulkan hasil percobaan dan mempresentasikan.
6. Materi Pembelajaran
Sifat – sifat larutan asam dan larutan basa

7. Metode Pembelajaran
a.Model pembelajaran : Kooperatif Learning dan Direct Instruction (DI)
b.Metode : Diskusi Informasi dan Eksperimen

8. Langkah – langkah Kegiatan
a.Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
 Motivasi : Pernahkah kamu mencicipi jeruk nipis ? Bagaimana rasanya ?
-Pernahkah kamu mencicipi kapur sirih ? Bagaimana rasanya ?
 Persyaratan Eksperimen : Hati – hati cara menuangkan larutan HCL dan H2SO4
Kegiatan Inti (60 menit)
o Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
o Guru memberi kesempatan pada siswa membaca buku tentang larutan asam dan basa
o Guru dan siswa mendiskusikan tentang sifat larutan asam dan basa
o Disediakan bahan – bahan larutan asam dan basa serta berbagai indicator, siswa mengamati dan mengelompokkannya
o Masing – masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lain menanggapinya.
o Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang hasilnya sangat bagus.
Kegiatan Penutup (20 menit)
o Guru dan siswa membuat kesimpulan dan rangkuman
o Guru dan siswa melakukan refleksi untuk melihat kekurangan pelajaran pada hari ini
o Guru memberikan tes lisan tentang sifat larutan asam dan basa kemudian dicocokkan bersama.

b.Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
 Motivasi :Pernahkah kamu member air teh dengan perasan jeru nipis ? dan apa yang terjadi dengan warna teh ?
 Persyaratan pengetahuan : – ciri – ciri asam dan basa
– Sifat – sifat larutan asam dan basa
Kegiatan Inti (60 menit)
o Guru membentuk kelompok dan meminta kepada siswa duduk sesuai kelompoknya
o Siswa melakukan eksperimen dengan menggunakan berbagai indikator untuk menentukan sifat asam dan basa dari suatu larutan
o Guru membimbing kelompok yang sedang melakukan ekperimen
o Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari data percobaan
o Masing – masing kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kelompok secara klasikal dan ditanggapi oleh kelompok lain
o Guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang kinerjanya paling bagus dan juga memastikan jawaban yang benar
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru dan siswa berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan
9. Sumber Belajar
a. Buku siswa : – Purba M, 2004 Ilmu Kimia Jilid 2B Erlangga Jakarta
– Tina Maria dkk, 2005 Sains Kimia 2 Bumi Aksara Jakarta
b. LKS
10. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian : Tes tulis, Tes lisan, Observasi
b. Bentuk instrument
o Kognitif, uraian Obyektif
o Afektif
c. Contoh instrument
Sebutkan sifat – sifat larutan asam dan basa !
Jawaban : 1). Larutan asam : – rasanya masam / asam
– mengandung ion H+
– dengan indikator lakmus, lakmus biru menjadi merah
– dengan indikator phenolftalein
2). Larutan basa : – rasanya pahit
– mengandung OH-
– dengan indikator lakmus, lakmus merah menjadi biru
Form. Penilaian afektif
No Nama Aspek yang dinilai Jml. nilai
Kehadiran Keaktifan Kerjasama Toleransi Kejujuran
1
2
3
dst

Keterangan
4 = sangat baik Jumlah nilai : 15 – 20 = A
3 = baik 9 – 14 = B
2 = cukup 0 – 8 = C
1 = kurang

Mengetahui Kediri, 25 Agustus 2012
Kepala SMA Negeri 8 Kediri Guru Kimia

Drs.IMAM SATORI , M Pd I Dra. HANIK
NIP.196407051990031020 NIP. 196601111992032005
LEMBAR KERJA SISWA

1. Tujuan
Menentukan sifat – sifat larutan dengan indicator kertas lakmus. Larutan asam dan basa dapat dibedakan dengan menggunakan indikator, salah satunya adalah dengan menggunakan indicator kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru.
Lakmus merah jika dicelupkan dalam larutan asam warnanya tetap tetapi dalamlarutan basa warnanya berubah jadi biru.
Lakmus biru jika dicelupkan dalam larutan asam warnanya akan menjadi biru dan dalam larutan basa warnanya tetap / tidak akan berubah.

2. Rancanglah suatu eksperimen
Jikadisediakan indicator kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru serta bebarapalarotan yang akan diuji, yaitu :larutan asam klorida 1 M, asam sulfat 1 M, Na hidroksida 1 M, asam cuka, larutan gula, alcohol 70 %, larutan garam, larutan amonia, air kapur, air sabun.

3. Buat tabel data hasil pecobaan

4. Pertanyaan
a. Sebutkan larutan yang termasuk asam dan basa serta netral !
b. Sebutkan indikator lain yang dapat digunakan untuk membedakan larutan asam dan basa !

5. Kesimpulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: